KARAKTERISTIK PASAR KONSUMEN

1. Pasar Konsumen

Faktor-­Faktor Budaya

Merupakan faktor yang memberikan pengaruh paling luas dan dalam pada tingkah laku konsumen.

a. Budaya

Kumpulan nilai-­nilai dasar, persepsi, keinginan dan tingkah laku yang dipelajari oleh   seseorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya.
b. Sub Budaya

Sekelompok orang yang mempunyai sistem nilai sama berdasarkan pada pe­ngalaman hidup dan situasi.

c. Kelas Sosial

Divisi masyarakat yang relatif permanen dan teratur dengan para anggotanya menganut nilai-­nilai, minat dan tingkah laku yang serupa.

 

Faktor-­Faktor Sosial

a. Kelompok Acuan

Dua orang/lebih yang berinteraksi untuk mencapai sasaran individu atau bersa­ma,  kelompok ini berfungsi sebagai titik perbandingan atau acuan langsung atau tidak langsung yang membentuk sikap/perilaku seseorang Pemuka Pendapat: Orang dalam kelompok acuan yang, karena keteram­pilan, kepribadian, atau karakteristik lain yang spesial memberi pengaruh kepada orang lain.

b. Keluarga

Organisasi pembelian konsumen yang paling penting dalam masyarakat dan te­lah diteliti secara mendalam

c. Peran dan Status

Faktor-­Faktor Pribadi

a. Umur dan Tahap daur Hidup

b. Pekerjaan

c. Situasi Ekonomi

d. Gaya Hidup: Pola kehidupan seseorang yang diwujudkan dalam aktivitas, interest              dan opininya. Gaya hidup akan mencakup sesuatu yang lebih dari seke­dar kelas    sosial atau keperibadian seseorang dan gaya hidup akan menampilkan pola beraksi            dan berinteraksi seseorang secara keseluruhan di dunia.

e. Kepribadian dan Konsep diri

Kepribadian: karakteristik psikologi unik dari seseorang yang menyebabkan respons           yang relatif konsisten dan bertahan lama terhadap lingkungan dirinya sendiri.

Konsep diri: disebut juga dengan citra diri, dasar yang digunakan adalah bahwa apa          yang dimiliki seseorang memberi kontribusi pada dan mencerminkan iden­ titas     mereka, artinya: “kami adalah apa yang menjadi milik kami”.

 

Faktor­Faktor Psikologi

a. Motivasi

Motivasi adalah suatu kebutuhan yang cukup untuk mendorong seseorang untuk    bertindak
b. Persepsi

Proses yang dilalui orang dalam memilih, mengorganisasikan dan mengintepre­tasikan        informasi guna membentuk gambaran yang berarti mengenal dunia

c. Pengetahuan

Perubahan dalam perilaku individual yang muncul dari pengalaman

d. Keyakinan dan sikap

Keyakinan: pemikiran deskriptif yang dimiliki seseorang mengenai sesuatu sikap:   evaluasi, perasaan dan kecenderungan dari seseorang terhadap suatu ob­yek atau ide           yang relatif konsisten

 

KARAKTERISTIK PASAR INDUSTRI

 

1. Struktur dan Permintaan Pasar.

a. Pasar Industri memiliki lebih sedikit pembeli tetapi lebih besar nilainya.

b. Pelanggan pasar industri lebih terkonsentrasi secara geografis.

c. Permintaan pembeli industri merupakan turunan dari permintaan konsumen akhir.

d. Permintaan di pasar industri lebih inelastic – kurang terpengaruh oleh perubahan harga   jangka pendek.

e. Permintaan di pasa r industri lebih berfluktuatif dan lebih cepat.
2. Sifat unit pembelian.

a. Pembelian di pasar industri melibatkan lebih banyak pembeli.

b. Pembelian dipasar industri melibatkan usaha pembelian yang lebih professional.

3. Berbagai tipe Keputusan dan Proses Pengambilan Keputusan.

a. Pembeli di pasar industri biasanya menghadapi pengambilan keputusan yang kompleks.

b. Proses pembelian industri lebih formal.

c. Dalam pembelian di pasar industri, penjual dan pembeli bekerja lebih erat dan membangun  hubungan jangka panjang.

 

KARAKTERISTIK PASAR INSTITUSI DAN PEMERINTAH

 

a. Terdiri dari sekolah, rumah sakit, rumah jompo, dan institusi lain yang menyediakan barang dan jasa bagi orang-orang yang mereka pelihara.

b. Setiap institusi mempunyai sponsor dan tujuan yang berbeda.

c. Pasar institusi memiliki cirri anggaran yang rendah dan pelanggan yang sudah pasti.

d. Banyar pemasar mendirikan divisi terpisah untuk melayani cirri dan kebutuhan khususpembeli institusi.

e. Unit pemerintah — pemerintah federal, negara bagian, dan local – yang membeli atau menyewa barang dan jasa guna menunaikan fungsi utama pemerintah.

f. Biasanya meminta pemasok mengajukan penawaran dan biasanya mereka memberikan kontrak kepada pemasok yang menawarkan harga terrendah.

g. Umumnya lebih menyukai pemasok domestik daripada pemasok asing.

h. Sebagian besar pemerintah akan memberikan pemasok panduan yang lengkap yang menerangkan cara menjual kepada pemerintah.

i. Kriteria non-ekonomi juga memainkan peranan dalam pembelian pemerintah.

 

 KARAKTERISTIK PASAR GLOBAL

     perusahaan yang menjual barang di pasar global menghadapi keputusan dan tantangan tambahan. Perusahaan tersebut harus memustuskan Negara mana yang harus dimasuki, bagaimana cara memasuki masing – masing Negara sebagai expotir , pemberi lisensi , mitra usaha patungan , pabrik berdasarkan kontrak kerja , atau pabrik yang di kelola sendiri , bagaimana cara mengadaptasi fitur produk dan jasa mereka kemasing – masing Negara , bagaimana menetapkan harga produk di Negara yang berlainan dalam suatu cakupan harga yang cukup sempit untuk menghindari terciptanya pasar gelap bagi barang mereka dan bagaimana mengadaptasi komunikasi perusahaan agar sesuai dengan praktek – praktek budaya.