JAKARTA – Salah satu rahasia kesuksesan General Electric (GE) adalah sumber daya manusia (SDM) berkualitas yang mereka bina sejak rekrutmen. Mau tahu caranya?

Vice President Human Resources for GE Global Growth&Operations Heather Wang dalam acara Global Management Series di IPMI Bussiness School menjelaskan, dalam manajemen SDM, yang penting adalah kemampuan seorang pemimpin mendengarkan karyawannya. “Sebagai pemimpin, kita harus membangun pondasi hubungan yang kuat sejak awal agar tercapai kesepahaman,” kata Wang di Kampus IPMI, Jakarta, Kamis (24/2/2011).

Wanita yang telah berkarier di GE selama 15 tahun itu menjelaskan, pondasi yang kuat tadi terutama dibutuhkan dalam berhubungan dengan generasi muda dan generasi yang memasuki usia pensiun. “Generasi muda biasanya masih meledak-ledak dan penuh semangat. Kita perlu mendengarkan mereka, sebab mereka biasanya memiliki berbagai ide kreatif yang bagus untuk pengembangan bisnis,” imbuhnya.

GE, kata Wang, menerapkan strategi manajemen yang sama untuk semua ragam bisnis mereka. Dia menyebutnya sebagai Bussiness Processes & Operating Mechanisms yang meliputi strategy, organization, operations, dan compliance.

Keempat langkah ini biasanya diterapkan dalam program satu tahun manajemen SDM di GE. Dimulai dari penetapan tujuan dan target, perencanaan penggajian, diskusi tentang berbagai hal ke-SDM-an, review tengah tahun, penilaian kinerja karyawan, hingga review akhir tahun.

“Yang perlu ditekankan dari proses tersebut adalah, pemimpin harus bisa membuka kesempatan setiap orang untuk berkembang di segala bidang,” ujar Wang menegaskan.

Wanita yang siang ini mengenakan setelan blazer hitam ini menambahkan, pemimpin seyogianya memiliki kemampuan mendengar dan memahami orang lain dari berbagai latar belakang pendidikan, status sosial ekonomi, maupun budaya. “Dengan begitu, dia bisa menemukan cara paling efektif dalam mengembangkan potensi karyawan, yang akhirnya membantu pengembangan bisnisnya juga,” tutur Wang.

Tiap tahun GE menginvestasikan sekira USD1 miliar dalam pengembangan SDM melalui kegiatan pelatihan dan pendidikan kepemimpinan di seluruh dunia. GE juga memberikan pelatihan bisnis kepada karyawan untuk membantu mereka mengembangkan diri.

Poin penting dalam manajemen SDM, menurut Wang, adalah menemukan kemampuan yang tepat dari seseorang yang sesuai dengan tujuan perusahaan. “Kemudian, tentukan bagaimana kita akan mengembangkan kemampuan-kemampuan itu, dan jalankan proses pengembangan diri mereka dengan transparan,” imbuhnya.

Wang telah lebih dari 20 tahun menggeluti bidang bisnis dan manajemen SDM. Dia menangani divisi SDM di antaranya untuk GE Lighting, GE Capital, dan GE International. Bagi wanita yang bergabung dengan GE di China pada 1994 ini, manajemen SDM adalah bidang yang sangat menarik dan penuh tantangan.

“Saya rasa, tidak ada keajaiban dalam manajemen SDM. Tapi berbagai strategi yang mungkin diterapkan dalam menangani orang-orang dari latar belakang yang beragam, juga bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan,” kata Wang sambil tersenyum.